Google
 
button

cara lain menghasilkan uang dari internet, click baner di bawah

CARI INFORMASI LAINNYA DI SINI


Ads By CbproAds

Kamis, 15 Januari 2009

Nasehat Buruk Perencana Keuangan

"persiapkan pensiun anda,berinvestsilah untuk jangka panjang dan divesifikasikan investasi anda"
"reksa dana adalah pilihan terbaik untuk rencana pensiun anda,karena reksadana telah mendiversifikasikan investasi anda"
anda pernah mendapatkan nasehat seperti itu dari perencana keuangan anda? apakah anda mengikuti saran tersebut? lalu apa yang terjadi dengan tabungan rencana pensiun anda saat ini? boro boro bertambah,masih sisa separopun masih bagus.lalu apa kata mereka ketika nilai aktiva bersih reksadana anda turun sampai 50%?
"ini saat yang tepat untuk membeli,mumpung harganya lagi murah,hitung-hitung mengurangi harga unit yang dulu anda beli"
begitukah..?pastinya.
apa yang salah dengan nasehat para perencana keuangan tersebut.tidak ada.yang salah kita sebagai invstor, kita tidak bisa membedakan mana yang nasehat keuangan dan mana yang promosi dagangan.
kadang kita merasa pintar dan merasa menjadi investor ketika mengikuti nasehat para perencana keuangan, tapi sesungguhnya kita tidak lebih dari seorang penjudi yang termakan promosi dagangan sebagian perencana keuangan.
kadang kita merasa telah melakukan investasi ketika kita membeli dagangan sebagian perncana keuangan,tapi sesungguhnya kita tidak ubahnya membeli kupon undian, yang setelahnya berharap kita menang undian, berharap nilai unit yang kita beli naik dan kita dapat untung besar.
"reksadana telah mendiversifikasikan investasi anda"
diversifikasi yang bagaimana? investasi kita memang di bagi ke beberapa saham.tapi investasi kita cuma ada di satu tempat, reksadan/saham.berada di satu macam aset yang mungkin kita sepakati disebut aset kertas atau aset portofolio.yang pada akhirnya ketika pasar saham ambruk,kita tidak bisa berbuat apa-apa,habis...
lalu apa sesungguhnya definisi dari diversifikasi investasi tadi?
tidakkah artinya kita harus menyebar investasi kita di lebih dari satu macam aset
menurut engkong tajirnya abah robert, ada 3 macam kelas aset
~ aset bisnis
~ aset real estate/properti
~ aset kertas/portofolio aset
kalau yang namanya kita mendiversifikasikan investasi kita, tidakkah seharus nya kita sebar investasi kita di bisnis, real estate dan aset kertas? injeh mboten..???
Investasi seharusnya adalah sesuatu yang kita beli yang segera setelah kita beli memberikan penghasilan kepada kita, lalu apakah reksadana adalah investasi, menurut saya reksadana adalah tabungan, jelek kah?
Tidak untuk kita yang tidak/kurang memahami seluk beluk investasi.
Tapi pesan dari tukang telur " jangan letakkan telurmu dalam satu keranjang"

Tidak ada komentar: